MEMILIH CARSEAT


MEMILIH CARSEAT YANG NYAMAN DAN AMAN

01 Januari 2010, by puji purwanto

Wait….!!!! 

Sudah punya carseat buat si kecil….???

Ini masih harus dibaca…

Why…….???!!. “Instalasi carseat yang tepat dapat memperkecil resiko terluka pada anak “. Berdasarkan sebuah penelitian di Canada*, ditemukan  bahwa 80% carseat yang terinstall di mobil tidak memenuhi standar keamanan yang telah di tentukan. baik oleh instansi terkait maupun oleh prasyarat yang telah ditentukan oleh produsen.

Kesalahan yang sering terjadi adalah tidak terpasangnya sabuk pengaman dengan tepat dan benar. Bahkan pad yang tidak terinstal dengan baik pun dapat mengurangi kenyamanan dari penggunaan carseat itu sendiri.

Memang di Indonesia, penggunaan carseat ( kursi mobil anak) belum memasyarat. Bisa jadi ini merupakan salah satu budaya kita, yang kadang meremehkan keselamatan diri sendiri. jadi jangan salahkan siapapun bila kita masih melihat tingginya angka kecelakaan di negara kita, wong dengan nyata-nyata kita sendiri telah menjadi bagian dari sistem itu.

ya sudah kalo itu sudah terjadi. tapi minimal setelah baca tulisan ini ada peningkatan kepedulian untuk terlibat dalam hal ini, ya minimal untuk diri sendiri dan orang di sekitar kita.

back to topic….

Secara pokok, carseat digolongkan menjadi 3 kelompok, bukan berdasarkan usia bayi tapi berdasarkan berat badan.;

1.INFANT

Carseat pada kelompok ini juga dikenal sebagai baby carrier. carseat jenis ini dipakai oleh bayi dengan berat badan antara 0 – sampai 9 kg. untuk beberapa tipe dapat mengakomodir sampai berat badan 13 kg.  Pada berat badan ini bayi berada pada usia antara 0  sampai dibawah 1 tahun. pada tahap usia ini, mereka 100% tergantung terhadap kita dalam 24 jam kehidupannya. dalam penggunaan carseat Harus dipastikan dengan seksama bahwa pemasangan carseat telah sesuai dengan yang semestinya. kalo perlu cek dua atau tiga kali setelah pemasangan. cek juga setelah melalui beberapa waktu pemakaingan. misalnya dalam perjalanan jauh,saat istirahat luangkan waktu sejenak untuk memeriksa kembali posisi carseat . tidak apa menghabiskan sedikit waktu toh ini demi keselamatan anak. Jangan lewatkan detail-detailnya.

Carseat golongan ini teristal pada mobil dengan posisi menghadap belakang, berlawanan dengan penumpang dewasa pada umumnya. posisi sudut miring duduk 45-derajad. dengan gerak bebas carseat & base ( bila ada) dari jok mobil maksimal 2,5 cm. Untuk mengurangi gesekan antara jok mobil dan base carseat gunakan kain handuk. atau kalo mau terlihat lebih baik, beli saja carseat cover protector. biasa terbuat dari bahan vinyl dan bermotif menarik. Di pasaran di jual antara 40.000 – 250.000,- . ini untuk melindungi jok mobil dari gesekan dengan bagian bawah carseat.

Sabuk pengaman bagian atas carseat harus berada tepat di belakang pundak bayi. jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah, karena hal ini akan mempengaruhi kenyamanan bayi. bayi dengan carseat mempunyai posisi teraman di kursi bagian belakang. Bila terpaksa menempatkan bayi di jok depan, pastikan untuk menonaktifkan fungsi airbag pada mobil. berdasarkan pengalamanku di lapangan, banyak sekali orang tua yang mempertanyakan penempatan carseat dengan penempatan dengan posisi menghadap belakang. Secara logika, bayi dengan rentang usia antara 0 – 8 bulan, memiliki struktur tulang belakang, tulang iga dan tulang punggung yg belum terbentuk sempurna untuk menyangga berat badannya. bila mobil dengan kecepatan tingi dan mengerem mendadak maka berat badan bayi akan bertumpu pada titik seatbelt di kedua pundak. ini tidak terjadi saat carseat ditempatkan dengan posisi menghadap belakang.

2. TODDLERS

 Saat berat badan anak sudah lebih dari 9 kg (9 kg – to 18 kg), itu berarti anak siap untuk merubah posisinya selayaknya penumpang dewasa lainnya.pada carseat jenis ini. seat belt mobil terikat di body carseat. carseat ini memerlukan seatbelt dengan konfigurasi 3 titik. Jangan gunakan seatbelt 2 titik yang biasanya terdapat pada seat mobil bagian tengah. bawa serta juga beberapa mainan yang dapat terinstall secara langsung ke carseat agar anak juga merasa di entertainment.

           

3.PRESCHOOL

 Saat usia dan berat badan bayi mulai bertambah, diperlukan booster seat, ini untuk mengakomodir anak yang telah mengalami perkembangan berat badan dan pertambahan tinggi badan.pada rentang berat badan antara 18 – 36 kg adalah usia dimana si anak tidak lagi muat duduk di dalam carseat tapi dia juga belum cukup tinggi untuk sabuk pengaman mobil.syarat untuk dapat menggunakan boosterseat adalah anak dengan berat badan kurang dari 36 kg dan tinggi badan kurang dari 145 cm.

  

Pada saat menggunakan booster seat yang perlu diingat bahwa kepala anak harus didukung oleh headrest baik itu dari jok mobil atau dari booster itu sendiri. Pada Booster Seat seat belt yang digunakan adalah seatbelt dari mobil. pastikan bahwa titik atas seatbelt bagian belakang tidak berada di belakang bawah pundak anak.

Seorang anak dapat mulai lepas untuk tidak menggunakan carseat lagi jika;

                        –  Seorang anak telah mencapai usia 8 tahun

                        –  Seorang anak telah emncapai berat badan 36 kg

                        –   Seorang anak telah mencapai tinggi badan 145 cm

* The ontario goverment’s new legislation

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: